Selasa, 16 Juli 2013

Tentang Bulu : BAB II - Proses Yang Terjadi Pada Sehelai Bulu

BAB II
Proses Yang Terjadi  Pada Sehelai Bulu


Masuk  bahasan yang  kedua akan  kita bahas bagaimana bagian  bagian  sebuah  barbs berkerjasama satu  sama lain  saling  menjalankan  fungsinya sehingga timbul  warna warna unik  pada  bulu  burung  love bird .







Cahaya pada siang hari akan tampak  oleh  mata manusia  sebagai  cahaya  berwarna putih  namun  sebenarnya tidak seperti itu , cahaya ini terdiri dari merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Alasan bahwa suatu benda misalnya terlihat  berwarna merah karena semua cahaya yang jatuh di atasnya, hanya gelombang cahaya merah yang di  refleksikan sementara semua gelombang cahaya yang lain diserap. Selanjutnya  pantulan gelombang cahaya merah ditangkap  oleh  mata  Manusia .





Hal yang  sama terjadi  pada warna Bulu Burung  Lovebird  wildcolour , Manakala ada cahaya yang  menerpa bulu  burung  love bird maka :



  1. Vakuola dan  Zona Spons akan  memantulkan cahaya warna biru 
  2. Pigmen Eumelanin Hitam akan  Menyerap cahaya lain  selain  cahaya biru ( MeJiKuHiBiNiU )
  3. Pigment Psittacin akan  meghasilkan cahaya kuning kemerahan ( Jingga )



Hasil  dari  kerja  sama dari fungsi Vakuola dan  Zona Spons , Pigmen Eumelanin Hitam dan Pigment Psittacin adalah  warna Hijau Standart  ( Warna Wildcolour ) secara visual .




Barbula juga memiliki fungsi pewarnaan. Mereka memiliki struktur yang lebih sederhana daripada Barbs namun tidak memiliki zona spons. Mereka mungkin mengandung eumelanin atau psittacin atau kombinasi keduanya.

Sebagai contoh warna bulu dari daerah perut dibandingkan dengan Bulu di daerah sayap   (pada semua spesies). Bulu di daerah sayap   selalu berwarna lebih gelap. Alasannya sangat sederhana: Barbs dari bulu di perut mempunyai warna kuning sehingga akan mencerahkan warna hijau, Barbs dari Bulu di daerah sayap  berwarna hitam atau sebagian hitam sehingga hijau akan terkesan  lebih  gelap.

Selaian contoh di atas warna kepala pada burung  lovebird akan  sangat  bervariasi dari  hitam  pekat seperti Agapornis personatus sehingga terlihat  memakai topeng  hingga sepeti Lutino Red Sable  . Kepala bulu setiap spesies mengandung melanin ditambah psittacin kuning dan merah. campuran pigmen ini yang bervariasi dari spesies ke spesies sehingga  menghasilkan warna kepala yang berbeda.
 




PENGECUALIAN 
pada Agapornis Roseicollis ( Love Bird Muka Salem – Tidak Berkacamata ) 


 Lutino Pada Spesies Agapornis roseicollis ( Love Bird Muka Salem )

Pada Love Bird Muka  Salem  memiliki perbedaan dengan Love Bird Kacamata dari empat  spesies yang ada sehingga membuat  jenis spesies ini terlihat agak unik . Love Bird Muka  Salem  bulunya 

  1. Tidak mengandung melanin, 
  2. Vakuola nya lebih kecil sehingga  menyebabkan lebih sedikit cahaya yang akan tercermin. 
  3. Tidak ada zona spons sehingga tidak ada cahaya biru akan tercermin.  
  4. Barbs bagian bawah sampai tengah memiliki barbula , bagian atas tidak terdapat  barbula . Barbula hadir berisi campuran psittacins merah dan kuning.Meskipun pada Babula terdapat kandungan pigmen namun akan menunjukkan warna yang berbeda  dengan warna merah yang hadir pada spesies Agapornis Fischeri ( Love Bird Kaca Mata Ficher ). 


Hal ini membuat Love Bird Muka  Salem  berbeda dengan Love Bird Kaca Mata Ficher




  Lutino Pada Spesies Agapornis fischeri

Walau  sama sama  Lutino  namun  adanya  perbedaan  struktur  bulu membuat  kesan kuning yang  dihasilkan berbeda . Barbula di bulu bagian sayap Agapornis roseicollis mengandung melanin lebih dari lima puluh persen dari panjang Barbs. Hal ini  menyebabkan  Love Bird Muka  Salem  memiliki bulu sayap yang lebih terang dari Agapornis Nigrigenis ( Love Bird Kaca Mata Pipi Hitam / Black-cheeked Lovebird ) dan Agapornis Personatus ( Love Bird Kaca Mata Topeng / Masked Lovebird )


Baberapa Contoh Proses Yang Terjadi pada  Warna Warna Baru  yang  sebelumnya  tidak  terdapat  pada  Alam  Bebas 






Setiap mutasi warna adalah hasil dari perubahan dalam melanin, psittacin atau struktur bulu itu sendiri :




Perubahan  kandungan Pigmen Eumelalni Hitam misalnya , Pada Burung pastel Hijau kandanungan Pigmen Eumelalni Hitam hanya sekitar 50% sehingga menghadirkan kesan Pastel ( Lebut ) jika kandungan Pigmen Eumelalni Hitamsemakin  menurun  hingga di bawah 50% maka burung akan terlihat  semakin cerah karena semakin banyak cahaya yang di pantulkan sehingga akan tampak warna kuning . Sedangakn di alam Love Bird wildcoloured memiliki kandungan Pigmen Eumelalni Hitam 100%.
 



Perubahan lebar dari zona spons mengakibatkan perubahan warna yang diberikan akan terlihat lebih gelap. Contoh Seekor burung yang  berwana wildcoloured (hijau muda) memiliki ukuran  zona spons yang normal . Pada kasus burung yang  memiliki  zona spons yang  kecil ( single Factor / Dark  Green / satu faktor gelap) burung akan terlihat  berwarna Hijau Tua . Pada kasus burung yang  memiliki  zona spons yang ektra kecil (double factor / Double Dark  Green /dua faktor gelap) burung akan terlihat  berwarna Hijau Olive .







Perubahan Pigmen Psittacin juga  bisa mempengaruhi perubahan warna. Misalnya burung berwarna biru sesungguhnya burung ini memiliki Pigmen Psittacin kuning dan merah yang  rendah sehingga warna biru  yang dihasilkan zona spons dan vakuola pada medulla semakin tampak  jelas sehingga menjadikan burung berwarna biru . Apabila kandungan  Pigmen Psittacin rendah dan ukuran zona spons normal maka  burung akan  berwarna Biru . Apabila kandungan  Pigmen Psittacin rendah dan ukuran zona spons kecil ( single Factor / satu faktor gelap) burung akan terlihat  berwarna Biru Tua . Apabila kandungan  Pigmen Psittacin rendah dan ukuran zona spons ektra kecil (double factor / dua faktor gelap) burung akan terlihat  berwarna Violet.
 


Begitu banyaknya kemungkinan dari perubahan pigmen sendiri, campuran pigmen dan perubahan  struktur  bulu bisa  menciptakan jumlah variasi warna  mutasi yang tidak terbatas dalam genus Agapornis.

Apabila berkenan sambung  silahturahmi bisa hubungi saya
di kontak  berikut ini :
via SMS / WhatsApp di :  +6283 857 60 70 63
Facebook :Tanto Abu Aslam  ( ap.tanto@ymail.com )
Via Email Yahoo  : aptanto1@yahoo.com
Via Email Google / Hangouts di :  aptanto2@gmail.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar