Senin, 01 Juli 2013

Warna Warni Love Bird di Indonesia ( Dalam tahap Penyempurnaan )



Dewasa ini  Peternak di Indonesia yang masih  memiliki warna wildcolour dalam arti galur murni dari  9 spesies Love Bird yang ada di alam  bebas masih  bias  dihitung  dengan jari . Hal ini  sangatlah  berbeda dengan Peternak  Burung yang ada di luar  negeri , mereka tetap  mempertahankan galur murni dari  9 spesies Love Bird yang ada di alam  bebas sebagai bahan dalam menciptakan  warna warna baru yang  sebelumnya tidak ada . Walaupun  mereka mempertahankan LB Galur  murni  breeder luar  negeri terus berinovasi  dengan melakukan Proses Breeding Transmutasi secara terprogram  dan terencana dengan  baik  . 




Mayoritas hobiis Lb di Indonesia jarang  mengembang  biakan  LB Non  Klep :

1.      Agapornis canus ( Love Bird Madagaskar – Tidak Berkacamata )

2.      Agapornis pullarius ( Love Bird Muka Merah – Tidak Berkacamata )

3.      Agapornis Taranta ( Love Bird Abisina – Tidak Berkacamata )

4.      Agapornis swindernianus ( Love Bird Kerah Hitam – Tidak Berkacamata )


5.      Agapornis roseicollis ( Love Bird Muka Salem – Tidak Berkacamata )


Mayoritas Hobiis di  Indonesia banyak yang mengambangkan  biakkan jenis Love Bird Kacamata ( Klep ) , Yang  meliputi  4 ras : 

6.      Agapornis personatus ( Love Bird Kaca Mata Topeng )

Di Indonesia para hobiis menyebut  LB Kaca mata topeng dengan  sebutan  Dakocan dsedangkan  Jukukan Dakori  ( Dakocan Ori ) di  berikan kepada  pada LB Black Mask ( Personatus ) wild colour .






7.      Agapornis fischeri ( Love Bird Kaca Mata Ficher )

Jenis Ras fischeri adalah  jenis Ras yang  paling  banyak  di kembangkan  di Indonesia 



www.commons.wikimedia.org 




LB Hobiis Indonesia sumber Mbah Google 



8.      Agapornis nigrigenis ( Love Bird Kaca Mata Pipi Hitam )

     Hobiis di Indonesia memberikan  julukan  LB Brewok  Cilik  padahal aslinya  BC = Black Cheek (Pipi Hitam) 






9.      Agapornis lilianae ( Love Bird Kaca Mata Nyasa )


Jenis ini  adalah  Ras LB yang  paling  stabil  harga nya di  antara ras lain nya 




      Sebelum  melangkah  ke berbagai mutasi  warna mari  kita bandingkan 4 Ras LB Kacamata dengan  warna Wild Colour 


Kiri Atas : Ras Fichery ( FS )
Kanan Atas : Ras Personata ( BM )
Kiri Bawah : Ras Nyasa ( NY )
Kanan Bawah : Ras Nigrigenis ( BC )




No 1 Paling  Depan  : Ras Fichery ( FS )
No 2 Dari Depan  : Ras Nigrigenis ( BC )
No 3 Dari Depan  : Ras Personata ( BM )
No 4 Dari Depan : Ras Nyasa ( NY )


       Di lapangan kita akan teramat  sangat banyak sekali  menemukan Warna Hijau Standart yang  tidak  masuk  ke empat  Ras diatas , biasanya hal  demikian terjadi  karena akibat perkawinan terlarang antara dua ekor LB yang berbeda Ras . berikut  penampakan LB Hybrid warna Hijau Standart :







                                                LB Hobiis Indonesia sumber Mbah Google 


Penggolongan LB Berdasarkan Warna Paruh : 

1. Golongan Green Series ( LB Paruh Merah )

2. Golongan Blue Series (  LB Paruh Putih )

3. Golongan Par Blue Series ( LB Paruh Orange )

     


 Suer bukan  LB saya , lupa sumber nya


Mari kita bahas lebih lanjut setiap Golongan : 

1. Golongan Green Series ( Paruh  Merah )


2. Golongan Blue Series 


3. Golongan Par Blue Series 






1.            LOVE BIRD GREEN SERIES 



Love Bird Green Series adalah  sebutan  untuk  Love Bird yang  umumnya memiliki Warna Paruh Merah . Green  series berusia muda dan dewasa sama sama memiliki paruh merah . Pada Love Bird Green series terdapat warna  unik  seperti  sable , blorok dan half sider . Love Bird  Green  Series yang ada  di pasaran  saat ini  sebernarnya hasil perkawinan  dari  keempat spesies  Agapornis personatus ( Love Bird Kaca Mata Topeng ) , Agapornis fischeri ( Love Bird Kaca Mata Ficher ) , Agapornis nigrigenis ( Love Bird Kaca Mata Pipi Hitam ) dan  Agapornis lilianae ( Love Bird Kaca Mata Nyasa ) .

 Love Bird Green Series :



1.        Dakocan / Agapornis personatus ( Love Bird Kaca Mata Topeng )



Fitur mencolok pertama personatus adalah warna kepala gelap gulita. Warna kepala personatus hijau dijelaskan dalam berbagai standar sebagai hitam pekat . Warna dibentuk oleh kehadiran eumelanin hitam dan psittacine merah di bulu kepala. Jumlah eumelanin ini jauh lebih besar dari jumlah psittacine ini, sebagai akibat dari yang kita hanya mengamati warna hitam. Dalam personatus biru fungsi psittacine terhambat, yang menyebabkan warna 'hitam' kepala yang berbeda. Di sini kita melihat perbandingan  jumlah  eumelanin dan  psittacine merah membuat warna kepala antara Jenis Dakocan  dengan Jenis Biru Kobalt serupa namun tak  sama .

Juga terlihat jelas perbedaan antara warna bulu tubuh secara umum hijau dan warna sayap. Hal ini juga disebabkan oleh eumelanin ada di bulu sayap. Pigmen ini benar-benar hitam menggelapkan warna umum dari sayap. Warna di sayap seperti rumput hijau. Di bulu tubuh secara umum tidak mengandung eumelanin hitam tetapi psittacine kuning menyebabkan keseluruhan warna menjadi hijau lebih terang seperti warna rumput hijau yang masih muda. Warna dada kuning dibentuk oleh kurangnya eumelanin di bulu dada sebagai akibat dari yang hanya psittacine sehingga terlihat kuning .

Warna ini adalah warna  original yang ada di alam  bebas baik  dari spesies Agapornis personatus ( Love Bird Kaca Mata Topeng ) dan termasuk warna wildcolour . Ciri utama jenis ini adalah topeng yang ada di kepala dengan leher dan  dada berwarna kuning , badan  berwarna hijau muda dan  sayap lebih geap warna hijaunya .








Penangkar LB di luar  negeri , sayang saya lipa  link  nya 


2.        Hijau   



Warna ini adalah warna  original yang ada di alam  bebas baik  dari spesies Agapornis fischeri ( Love Bird Kaca Mata Ficher ) dan Agapornis lilianae ( Love Bird Kaca Mata Nyasa ) di  dunia internasional di kenal  dengan istilah wildcolour. Walau di pasaran  warna ini adalah yang berada di level bawah namun perlu di ketahui adanya berbagai warna yang ada termasuk lutino , Albino dan Pastel kuning adalah mutasi dari kedua jenis spesies di atas . Jenis Hijau ini sebenarnya ada dua : 



1). Hijau Standart wildcolour ( Hijau wildcolour )



Ciri Jenis ini kepala berwarna orange kemerahan, paruh  merah , dada dan leher kuning burung  badan berwarna hijau muda .









 ibc.lynxeds.com 




2). Hijau Dark Green ( Dark Green )



Ciri Jenis ini Paruh  merah sedangkan kepala dada dan leher warna  bervariasi soalnya sudah terjadi mutasi , namun yang terlihat jelas membedakan  dengan Hujai Wildcolur adalah   badan berwarna hijau tua  .






 

www.luccelliera.com




3). Hijau Olive (Double Dark Green (DD Green))



Warna Olive dikenal di dunia Internasional  dengan  sebutan Double Dark Green (DD Green) . Variasi mutasi ini memiliki ciri Paruh  merah sedangkan kepala dada dan leher warna  bervariasi soalnya sudah terjadi mutasi , namun yang terlihat jelas membedakan  dengan Hujai Wildcolur adalah   badan berwarna hijau lumut .








 www.lovebirdimport.blogspot.com













 Perbedaan Warna Hijau Standart - Hijau Dark Green - Hijau Double Dark Green 








www.facebook.com







3.        Pastel Olive



Sama hal nya pada Love Bird Pastel hijau kandungan eumelanin hitam pada bulu Love Bird membuat warna olive terlihat pudar / pucat sehingga warna menjadi olive kekuningan . Sayap terbang terlihat abu-abu muda bahkan putih. Warna merah dan kuning tidak terpengaruh karena tidak diproduksi oleh sel pigmen.



  
 Suer bukan  LB saya , lupa sumber nya 











4.        Pastel Hijau 



Pengertian pastel pada warna artinya: lembut atau kalem. Love Bird Pastel Hijau  memiliki  sekitar 50 persen eumelanin hitam pada bulu Love Bird tersebut . Hal ini menyebabkan warna hijau akan  terlihat lebih pudar/pucat dan akibatnya warna hijau menjadi hijau kekuningan. Secara keseluruhan warna tubuh menjadi lebih pucat, sayap terbang dan  bulu selat  terlihat abu-abu muda bahkan putih.













5.        Pastel Kuning 


Love Bird Pastel Kuning kandungan eumelanin hitam pada bulu  kurang dari 50 % sehingga warna hijau akan terlihat sangat pudar/pucat sekali dan akibatnya warna hijau menjadi terlihat semu dan akan tampak warna kuning yang  lebih dominan. Bahkan Pastel Kuning yang  berkualitas istimewa warna akan sama dengan Love Bird  Lutino Mata Hitam hanya saja yang  membedakan Love Bird Pastel Kuning kakinya berwarna hijau tua / kelabu sedangkan  Love Bird  Lutino Mata Hitam kakinya berwarna keputihan .







6.        Golden Cherry

Jenis love Bird Golden  Cherry termasuk  jarang di temukan di pasaran  dan  bisa dikatakan untuk  karena mempunya warna perpaduan dari beberapa jenis  love Bird lainnya . Love Bird Golden  Cherry dada berwarna lutino / pastel  kuning ,  punggung  seperti pastel hujai / olive dan  bulu selat  berwarna seperti  biru cobalt atau hijau standart .


 www.kaskus.co.id


www.kaskus.co.id



7.        Biola 

Jenis love Bird Biola ,masuk kategori sable. Sable artinya kepala elang , dalam  dunia love bird  Sable adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan tipe Lovebird fischeri yang mempunyai warna kepala bersih dan terang. Love Bird biola memiliki warna kepala berwarna merah pekat sehingga bisa di kategorikan jenis sable . Badan  berwarna hijau namun terlihat  berbeda dengan hijau pada jenis Love Bird Hijau (Hijau Standart wildcolour , Hijau Dark Green dan Hijau Olive ) , Pada  punggung love Bird Biola ada sedikit  sentuhan  warna kuning.





Maaf LB  Bukan milik saya dan  saya lupa link nya


8.        Lutino 

Jenis warna yang  paling  populer di kelas green  series ,  karena  memiliki warna khas yang sangat terang sehingga sangat mencolok . Burung ini termasuk pada awalnya berasal Agapornis lilianae ( Love Bird Kaca Mata Nyasa ) di transmutasikan  dengan Agapornis personatus ( Love Bird Kaca Mata Topeng ) sehingga menghasilkan burung  berdarah ino yang  tampak  seperti spesies fischeri. Burung  dengan darah Ino mampu  mereduksi dengan sempurna kandungan eumelanin pada bulu . Selanjutnya di kombinasikan  dengan spesies fischeri dari  green series akan  menghasilkan jenis Lutino dan Lutino bermata merah , Kepala berwarna merah , badan  kuning  , kaki keputihan .







2.            LOVE BIRD BLUE SERIES
Love Bird Blue Series adalah  sebutan  untuk  Love Bird yang memiliki paruh  berwarna putih kadang  saat  berusia  muda  berwarna orange . Seperti pada  Love Bird Green Series kelompok ini  juga  memiliki  variasi  unik  seperti  sable , blorok dan half sider . Di alam bebas  sesungguhnya tidak ada kelompok Love Bird Blue Series , kelompok ini merupakan hasil mutasi yang di rancang di penangkaran sehingga muncul  variasi warna baru yang  belum ada sebelumnya di alam  bebas .
1.        Biru Topeng 
Merupakan mutasi dari spesies Agapornis personatus ( Love Bird Kaca Mata Topeng )  
1)                 Biru Cobalt 
Kepala bertopeng , Paruh  berwarna orange  muda hingga tua , Badan  berwarna Biru tua , selat hitam . Jenis ini  merupakan  mutasi  dari  love bird Agapornis Personatus . Topeng pada jenis Biru Cobalt dan Biru Osin berwarna hitam tidak pekat berbeda dengan warna topeng Agapornis Personatus yang  berwarna  hitam  pekat .


 
2)                 Biru Osin 
Kepala bertopeng hitam atau abu abau , Paruh  berwarna orange  muda hingga tua , Badan  berwarna Biru muda kehijauan  , selat hitam .
Psittacine sudah benar-benar hilang dalam semua bulu. Hasilnya adalah seekor burung biru dengan dada putih dan pita leher putih. Pantat memiliki warna ungu karena psittacine ini juga kurang dalam pantat dinyatakan mauve. Karena kurangnya psittacine di bulu warna kepala akan menjadi hitam 'dingin'. Mutasi ini tidak pernah mempengaruhi warna kaki, kuku dan mata. Biru mewarisi resesif.



 http://lovebirdblogs.blogspot.com/2010/11/sepasang-biru-oshin.html


 
 http://tuban.olx.co.id/jual-love-bird-biru-osin-iid-509173834

 http://tuban.olx.co.id/jual-love-bird-biru-osin-iid-509173834


3)                 Biru Violet
Kepala bertopeng , Paruh  berwarna orange  muda hingga tua , Badan  berwarna Biru tua keunguan  , selat hitam. Warna yang  kontras membuat burung ini enak dilihat sehingga banyak  dicari penghobi .
Violet Faktor berasal dari Belanda dan menghasilkan burung dengan struktur bulu dimodifikasi. Pada tipe liar biasa cahaya biru terbentuk di zona spons oleh interferensi, untuk mutasi ini violet terbentuk di zona spons oleh interferensi karena struktur dimodifikasi. Violet Faktor mewarisi dominan dan dapat hadir dalam satu atau bentuk ganda, independen dari seri (yaitu biru, hijau atau pastel), tetapi jelas yang paling indah di D biru burung (burung dari seri biru dengan satu gelap faktor). Oleh karena itu hanya burung biru D dengan satu faktor violet diminta untuk pameran. Ini biasanya digambarkan sebagai ungu. Seekor burung biru dengan salah satu faktor violet memiliki penampilan yang sama seperti biasa D burung biru. Seekor burung biru dengan dua faktor violet memiliki penampilan yang sama seperti warna biru D dengan satu faktor violet. Di DD biru burung kita tidak bisa melihat faktor violet. Violet faktor juga harus menunjukkan semua karakteristik burung biru, kecuali untuk bidang bulu biru yang harus violet. Penting adalah bahwa bidang bulu putih di dada dan di leher tetap putih. Burung hijau dengan faktor violet juga mungkin, ini sangat ideal untuk berkembang biak, tetapi memiliki nilai yang kecil sebagai burung pameran.



 www.chippep.blogspot.com


 www.jakartacity.olx.co.id




www.warna-warni-lovebird.blogspot.com
2.        Hitam / Batman 
Kepala bertopeng , Paruh  berwarna orange  muda hingga tua , Kombinasi antara warna  hitam  dan  putih , selat hitam.






3.        Pastel Biru 
Kepala berwarna abu abu ,  leher putih , dada dan  punggung berwarna kebiruan , bagian  bawah badan  berwarna biru . Love Bird ini mirip dengan Pastel Putih namun tetap ada perbedaan akibat kandungan  zat eumelanin pada bulu dada , sayap dan  punggung nya. Pastel Biru mewarisi autosomal resesif dan dapat dikombinasikan dengan satu atau dua faktor gelap. Jika Pastel Biru dikawinkan  dengan Biru Kobalt yang  memiliki  satu faktor gelap sehingga tercipta  dua faktor gelap maka akan lahir  burung dengan warna mauve.








4.        Pastel Putih
Kepala berwarna abu abu ,  leher putih , dada dan  punggung berwarna dominan putih  , bagian  bawah badan  berwarna biru . Jadi kalau di pastel  biru dada dan  punggung  berwarna kebiruan maka di pastel  putih akan tambak  dominan putih Perbedaan ini disebabkan perbedaan kandungan eumelanin pada bulu dimana pastel putih kandungan eumelanin nya lenih  rendah daripada pastel  biru . 




www.surakarta.olx.co.id



 www.bejubel.com   .jpg




www.surakarta.olx.co.id


5.        Pastel Violet 
Kepala berwarna abu abu atau  putih . Paruh  berwarna orange  muda hingga tua . leher , dada dan  dominan putih  . Punggung  berwarna  violet semu putih dengan bulu selat  berwarna hitam / abu abu / putih .

 www.aldafla.com

 www.birdslover.com

 www.pinlovebird.com

 www.pinoypetfinder.com 


www.sulit.com.ph


6.        Soft Brown / Mocca
Kepala berwarna Kecoklatan . Paruh  berwarna orange  muda hingga tua , seluruh  badan berwarna coklat lembut . Jenis ini termasuk jarang di pasaran , sehingga ada keunikan tersendiri saat di  koleksi .



 www.noafgan.com 

www.zataninside312.blogspot.com 


7.        Albino 
Jenis warna yang  paling  populer di kelas blue  series ,  karena  memiliki warna khas yang sangat terang sehingga sangat mencolok . Burung ini termasuk pada awalnya berasal Agapornis lilianae ( Love Bird Kaca Mata Nyasa ) di transmutasikan  dengan Agapornis personatus ( Love Bird Kaca Mata Topeng ) sehingga menghasilkan burung  berdarah ino yang  tampak  seperti spesies fischeri. Burung  dengan darah Ino mampu  mereduksi dengan sempurna kandungan eumelanin pada bulu . Selanjutnya di kombinasikan  dengan spesies fischeri dari  blue series akan  menghasilkan jenis Albino dan Albino bermata merah dengan warna bulu yang  putih  bersih dan kaki berwarna keputihan .


 www.club-burung.com


 www.kaskus.co.id


 www.mylovebirds.blogspot.com



www.wattabird.blogspot.com




Demikian  sekilas jenis Love Bird yang  sering  beredar di  masyarakat  , Kiranya artikel singkat ini  bisa di memberikan  sedikit  gambaran  bagi  sahabat penghobi love bird  sebagai reverensi singkat  dalam lebih  mengenali dunia Love Bird 





Apabila berkenan sambung  silahturahmi bisa hubungi saya
di kontak  berikut ini :
via SMS / WhatsApp di :  +6283 857 60 70 63
Facebook :Tanto Abu Aslam  ( ap.tanto@ymail.com )
Via Email Yahoo  : aptanto1@yahoo.com
Via Email Google / Hangouts di :  aptanto2@gmail.com




2 komentar: